Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Di Hari Sungai Nasional, Banksasuci Gelar Festival Sungai Tahang 2022

Laporan: Firman
Kamis, 28 Juli 2022 | 19:06 WIB
Festival Sungai Talang/MAN
Festival Sungai Talang/MAN

RMBanten.com -  Dalam Rangka Memperingati Hari Sungai Nasional 2022, Aktivis dan penggiat lingkungan hidup yang tergabung dalam Banksasuci Foundation menyelenggarakan kegiatan Festival Sungai Tahang 2022 dengan Tema : "Do'a, Cinta dan Kemurnian Alam", Rabu, 27 Juli 2022 yang bertempat di Amphitheater Green Belt PIK 2 Sungai Tahang, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan Festival Sungai Tahang dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Propinsi Banten Bidang Kemasyarakatan, M.Agus Setiawan AW juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik beserta Sekretaris DLHK, Budi Khunaedi serta Camat Kosambi, Dadang Sudrajat.

Acara tersebut terasa begitu Khidmat saat dilangsungkan Do'a Lintas agama yang dipimpin oleh DR.H.Ahmad Amarulloh (Rektor UMT) Mewakili Umat Muslim, Gede Arjana (Pura Kertajaya) mewakili Umat Hindu, serta Pendeta Junadi (Gereja Bethel Indonesia) Mewakili Umat Kristiani.

"Do'a adalah bentuk syukur dan kekuatan dalam mencapai Cita, Sementara Cinta adalah wujud Kasih Sayang dan Kemurnian Alam adalah Keinginan luhur menjaga dan merawat Alam, makanya tema hari ini, Do'a, Cinta dan Kemurnian Alam," Tutur penggagas Festival Sungai Tahang, Ade Yunus.

Ade yang juga Ketua Banksasuci Foundation berharap agar kegiatan Festival Sungai Tahang bukan hanya sekedar Ceremonial belaka namun sebagai langkah awal dalam Mewujudkan Sungai Bersih dan kembali sebagai pusat peradaban.

"Hari ini kami juga Launching Riverfront Edu Center Green Belt PIK 2 bahwa Pelestarian Sungai kita mulai dengan Edukasi, serta kami juga serahkan Penghargaan Banksasuci Award kepada Mitra PENTAHELIX Banksasuci," ungkapnya.

Perwakilan dari Management Green Belt PIK 2, Ruth Tamzil bersyukur dan  mengapresiasi gelaran Festival Sungai Tahang yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Green Belt PIK 2 tersebut.

"Sungai Tahang dulu lebarnya hanya 6 Meter, setelah kami Normalisasi kini lebarnya 26 Meter dan Kita lakukan penataan serta Beutifikasi sepanjang 3,4 Km, ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam Menata Ruang Terbuka Hijau seluas 30 Hektar dan Pelestarian Lingkungan dikawasan PIK ini," terangnya.

 Ruth berharap Kolaborasi dan Kolabor-Aksi antara Green Belt PIK 2 dengan Banksasuci Foundation dapat terus bersinergi dalam pelestarian lingkungan hidup khususnya di kawasan PIK 2.

"Kami sudah 5 Tahun lalu mendengar Banksasuci, dan seperti mimpi hari ini kami bisa berkolaborasi dalam gelaran Festival Sungai Tahang yang begitu Apik dan Berkesan, dan tentu kami akan terus menjaga sinergi ini karena memiliki Visi yang sama, Terwujudnya Sungai Yang bersih dan Sebagai Pusat Peradaban," pungkasnya.

Sementara salah satu penerima penghargaan, PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang (IKPP) mengapresiasi dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Banksasuci dan Green Belt PIK 2.

"PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. perusahaan dibawah APP Sinarmas berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Banksasuci sebagai lembaga pencinta lingkungan, sudah menjadi komitmen kami untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama sungai sebagai sumber kehidupan," Suistable Head Kholisul Fatikhin.

Kata Kholis, pihaknya sudah menanam mangrove di pesisir pantai kabupaten Tangerang sebanyak 150 ribu batang dan di bantaran Sungai Cisadane tiga ribu batang.

"Salah satu bukti komitmen kami dalam pelestarian lingkungan," tandasnya.rajamedia

Komentar: