Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Beasiswa Cendekia BAZNAS Dalam Negeri 2022 Untuk Anak Yatim Dan Mustahik

Laporan: Rizki Ahmad Suhaedi
Jumat, 22 Juli 2022 | 19:01 WIB
Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA/IST
Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA/IST

RMBanten.com -  Beasiswa Cendekia BAZNAS Dalam Negeri 2022 Untuk Anak Yatim Dan Mustahik 

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan Beasiswa Cendekia BAZNAS Dalam Negeri 2022, demi memberi akses pendidikan berkualitas kepada anak yatim dan mustahik. 

Peluncuran Beasiswa Cendekia BAZNAS Dalam Negeri 2022 dilakukan secara daring di kanal YouTube BAZNAS TV, Kamis (21/7). Beasiswa Cendekia BAZNAS bekerja sama dengan 101 kampus di dalam negeri, dengan target penerima beasiswa mencapai 2.000 orang. 

Pendaftaran sudah dibuka mulai 22 Juli 2022 hingga 15 Agustus 2022, dan dibuka bagi para mahasiswa diploma atau sarjana (S1) yang sedang menempuh studi semester 5 di Kampus Mitra. 

"Alhamdulillah, sebagai bagian dari menyejahterakan umat, BAZNAS kembali meluncurkan Beasiswa Cendekia BAZNAS, demi menjamin pendidikan tinggi bagi para mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Harapannya, melalui beasiswa akan tumbuh dan berkembang generasi yang unggul dan berdaya saing demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa," ujar Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA., Kamis (21/7).

Noor menambahkan ingin ikut serta mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, di mana Indonesia akan memasuki masa kompetisi yang cukup berat di tahun-tahun yang akan datang. Tentunya harus dipersiapkan dari sekarang, terkait perkembangan kebutuhan yang dihadapi oleh setiap negara, khususnya kebutuhan manusia itu sendiri, agar bisa bersaing secara global.

Nantinya, para pendaftar beasiswa akan mengikuti proses seleksi bertahap, di tingkat BAZNAS dan kampus. Kolaborasi BAZNAS dan kampus dalam proses seleksi bertujuan untuk mendapatkan kandidat terbaik, dan menjamin tepat sasaran. 

"Pada tahun 2022 ini, beasiswa akan diperluas dari 26 provinsi menjadi 28 provinsi. Tentu besar harapan kami agar semuanya diberi kelancaran, dan kami juga selalu memastikan agar bantuan ini tepat sasaran, jatuh ke tangan orang yang tepat, yang membutuhkan bantuan pendidikan dari kalangan keluarga kurang mampu," kata Noor. 

Beasiswa BAZNAS memfasilitasi para penerima berupa bantuan subsidi UKT hingga Rp2.700.000 serta pengembangan diri bersama mentor terbaik dan tokoh nasional yang telah disiapkan BAZNAS. 

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, mengucapkan terima kasihnya kepada para kampus mitra dan muzaki yang telah membantu kelancaran program BAZNAS ini. 

"Pertama, kami mengucapkan banyak terima kasih atas kolaborasi dan kemitraan yang dilakukan oleh seluruh mitra universitas yang tahun lalu sudah menjadi mitra strategis BAZNAS di dalam penyelenggaraan beasiswa. InsyaAllah tahun ini BAZNAS RI akan melanjutkan ikhtiar bersama untuk mengantarkan anak-anak kita mendesain dan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas melalui program beasiswa," kata Saidah.

Saidah melanjutkan, tahun lalu, BAZNAS sudah bermitra dengan 98 perguruan tinggi dan tahun ini 98 perguruan tinggi itu secara reguler juga akan menjadi mitra penyalur beasiswa BAZNAS. Seperti tahun lalu, tahun ini pun BAZNAS bermitra dengan perguruan tinggi yang berada di bawah Kemendikbud dan Kemenag, serta perguruan tinggi swasta yang berkualitas. 

Menurut Saidah, pendidikan merupakan faktor kunci proses perubahan keluarga mustahik menjadi muzaki di kemudian hari. Melalui pendidikan yang layak, anak mustahik diharapkan dapat membangkitan perekonomian keluarga agar bisa berdaya dan keluar dari kemiskinan.

"Semoga apa yang diberikan oleh para muzaki yang dititipkan kepada BAZNAS, sampai kepada tujuannya, yaitu ingin mengantarkan anak-anak mustahik menggapai impiannya demi kehidupan yang lebih baik," ucapnya.

Selain melalui program Beasiswa Cendekia BAZNAS yang khusus beasiswa pendidikan tinggi, BAZNAS juga akan membuka beasiswa bagi pendidikan dasar dan menengah, santri, dan beasiswa luar negeri. 

Penyaluran zakat dalam bentuk beasiswa merupakan bentuk dari komitmen BAZNAS dalam investasi sumber daya manusia menuju Indonesia maju.rajamedia

Komentar: