Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Jelang Idul Adha Lapak Di Kota Serang Dipantau Dinas Peternakan

Laporan: Hendra Hendrawan
Senin, 04 Juli 2022 | 14:32 WIB
Pemeriksaan kesehatan hewan kurban/HEN
Pemeriksaan kesehatan hewan kurban/HEN

RMBanten.com - Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap lapak-lapak penjualan hewan kurban di Kota Serang.

Seperti lapak di Depan Kecamatan Cipocok Jaya, yang kedatangan tim pemeriksaan hewan qurban dari Distan pada Senin (4/7).

Medik Veteriner, Distan Kota Serang, Dr. Ratna Suryaningrum mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan dua ekor domba sakit mata. 

"Tapi tidak ada penyakit lain yang ditemukan. Penyakit yang dijumpai ini penyakit jenis ringan karena faktor transportasi, biasanya flu dan penyakit mata," katanya usai pemantauan.

Sementara untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menurutnya, di Kota Serang belum ditemukan.

"Ada juga pas jumat kemarin itu enam ekor domba suspek, tapi hasilnya belum keluar apakah positif PMK apa tidak, karena masih diuji di leb, nanti hasilnya semingguan," ujarnya 

Dia menjelaskan, ciri-ciri hewan yang terkena PMK yang terlihat yautu moncongnya ada luka-luka seeprti sariawan, begitupun lidah dan gusi, dan ngacai dan berbusa.

"Meski begitu tidak akan menular ke manusia dan aman untuk dikonsumsi dagingnya," katanya.

Jika menemukan ciri-ciri tersebut, jelasnya, maka peternak harus memisahkannya dari hewan ternak yang lainnya dan melaporkan ke Distan.

"Biar kita tindaklanjuti kalau ditemukan kasus hewan PMK," ujarnya.rajamedia

Komentar: