Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Program Mekaar, Erick Thohir Dorong Perusahaan BUMN Di Kabupaten Tangerang Banyak Serap Tenaga Kerja

Laporan: Lani Fahrudin
Senin, 04 Juli 2022 | 12:03 WIB
Stafsus Menteri BUMN, Arya Sinulingga memberikan bantu kepada pelaku UMKM/LAN
Stafsus Menteri BUMN, Arya Sinulingga memberikan bantu kepada pelaku UMKM/LAN

RMBanten.com - Melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar),  perusahaan BUMN yang berada di Kabupaten Tangerang berhasil mencetak 150 ribu lapangan pekerjaan. 

Bukan hanya itu saja, Rumah BUMN yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir pun sukses berdayakan 1.000 UMKM di wilayah Kabupaten Tangerang.

Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga menyampaikan jika, Kabupaten Tangerang merupakan kunci pemerataan ekonomi Nasional dan BUMN melalui programnya diharapkan mampu mewujudkan itu.

"Disini saya ingin menyampaikan pesan dari Pak Erick Thohir untuk Ibu-Ibu semua terus mendorong perusahaan BUMN untuk menyerap tenaga kerja baru di daerah yang menjadi kunci pemerataan ekonomi secara nasional. Salah satunya melalui program Mekaar yang berhasil menyerap tenaga kerja mandiri khususnya kaum perempuan," jelas Arya dalam keterangannya saat meninjau 'Pasar Murah dan Bazaae UMKM BUMN' di Kabupaten Tangerang, Senin (4/7).

Lanjut Arya, kegiatan 'Pasar Murah dan Bazaar UMKM BUMN' di Kabupaten Tangerang dihadiri oleh lebih dari 3.000 nasabah PNM Mekaar dan lebih dari 50 pengusaha mikro, kecil, dan menengah asli Kabupaten Tangerang. 

Kemudian dalam kesempatan itu juga Arya mengadakan dialog bersama 51 UMKM asal Kabupaten Tangerang.

Melalui dialog yang dilakukan bersama UMKM, Arya menanggapi kebutuhan pelaku UMKM melalui pameran UMKM yang akan Kementerian BUMN lakukan di berbagai negara.

"Selanjutnya kami juga akan ikut pameran di Amsterdam, kami akan memperkenalkan produk UMKM terbaik binaan BUMN ke manca Negara" tandas Arya.

Sementara salah satu pelaku UMKM yang memiliki usaha sate maranggi asal Purwakarta, Raden Roro mengatakan bantuan yang saat ini dibutuhkan olehnya untuk mengembangkan usaha adalah kesempatan promosi produk seluas-luasnya.

"Produk sate maranggi Rina milik kami sudah kami pasarkan ke luar Negeri bahkan sampai ke Amerika Serikat. Saya memulai usaha dari tenda biru di tahun 2013. Saya ingin makin banyak masyarakat yang mengenal produk sate maranggi khas Indonesia" ucap Roro.

Selain Roro, masyarakat di Kabupaten Tangerang lainnya yakni Siti asal Cikupa menyatakan dirinya merasa terbantu dengan kehadiran BUMN yang telah memberikan modal usaha pengolahan makanan yang ia miliki sehingga ia bisa membantu meringankan beban keluarga.

"Sangat membantu ekonomi keluarga," singkat Roro.

Diketahui kegiatan 'Pasar Murah dan Bazaar UMKM BUMN' ini merupakan inisiasi Erick Thohir untuk meringankan beban masyarakat. Kegiatan ini juga terselenggara atas kerjasama dan kolaborasi BUMN yang memiliki wilayah kerja di Kabupaten Tangerang, yaitu BTN dan Jasa Tirta II.rajamedia

Komentar: