Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Liburan Sekolah, Pergerakan Penumpang Di Bandara Soetta Meningkat

Laporan: Maya Aul
Senin, 27 Juni 2022 | 13:48 WIB
Bandara Soekarno Hatta/AUL
Bandara Soekarno Hatta/AUL

RMBanten.com - Pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengalami peningkatan. Hal tersebut lantaran adanya libur panjang sekolah.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin mengatakan, saat ini pergerakan penumpang mencapai 135 ribu orang. Jumlah tersebut merupakan data per 26 Juni 2022.

"Kami mencatat sekarang di Bandara Soetta sekarang tidak kurang dari 135 ribu pergerakan penumpang, 130 ribu itu udah rutin," kata Awaluddin, Senin (27/6).

Awaluddin mengungkapkan, semenjak kasus Covid-19 melandai dan pembatasan di sektor transportasi dan pariwisata dilonggarkan, angka pergerakan penumpang terus meningkat, khususnya dari angkutan lebaran 2022 lalu.

"Sekarang tidak pernah lagi Bandara Soetta di bawah 100 ribu penumpang perhari. Pertumbuhan sekitar 18 sampai 21 persen peegerakan khusus di Bandara Soetta," kata Awaluddin.

Ia mengungkapkan, saat ini rata-rata utilisasi slot Bandara Soetta sudah mencapai 85 persen dibandingkan dengan sebelum pandemik Covid-19, hal tersebut berarti recovery rate sudah mencapai 85 persen.

"Tapi kalau dengan bandara-bandara di luar Soetta, secara keseluruhan di sekitar 60 persen. Jadi kita berharap ini terus membaik bukan hanya melihat dari aspek-aspek tertentu saja," ungkapnya.

Awaluddin menjelaskan, pada saat pandemik Covid-19, beberapa rute penerbangan domestik maupun internasional sempat dihentikan oleh maskapai. Namun, saat ini sudah mulai dibuka kembali.

"Ini juga upaya susun antara suplai demand, operator bandara maskapai masyarakat kemudian kita sesuaikan bagaimana slot penerbangan bisa optimalkan," jelasnya.rajamedia

Komentar: