Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Keseruan Jemaah Haji Indonesia Di Hotel Arkan Bakah 1 Mencuci Pakaian Sambil Cerita-cerita

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 23 Juni 2022 | 22:12 WIB
Kontributor Raja Media Network Mashuri Masyhuda di tempat pencucian khusus jemaah haji sektor 1 Mahbas Jin Hotel Arkan Bakah 1/RMnetwork
Kontributor Raja Media Network Mashuri Masyhuda di tempat pencucian khusus jemaah haji sektor 1 Mahbas Jin Hotel Arkan Bakah 1/RMnetwork

RMBanten.com, MekahJemaah haji yang menempati Hotel Arkan Bakah 1 Sektor 1 Mahbas Jin mulai terlibat aktivitas kegiatan.

Yang utama ibadah, lainnya kebutuhan sehari, sampai urusan cuci mencuci pakaian.

Alhamdulilah, semua fasilitas yang ada di hotel yang ditempati jemaah haji Indonesia lengkap. Dari keperluan belanja sehar-hari, keperluan ibadah, toko oleh-oleh sampai tempat cucian.

Kontributor Raja Media dadakan yang bertugas di Sektor 1 Mahbasin yang kebetulan tinggal di Hotel Arkan Bakan 1, Mashuri Masyhuda, melaporkan, para jamaah haji di hari pertama kedatangan, mereka mencoba menyesuaikan dengan iklim di Arab Saudi.

Para jemaah terlihat banyak tanya ke petugas PPIH terkait dengan situasi dan bagaimana cara mendapatan kebutuhan sehari-hari.

Nampak beberapa petugas menjawab ramah pertanyaan tamu-tamu Alloh tersebut.

Para jemaah pun tidak dipusingkan dengan baju kotor, karena tersedia tempat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang tersedia di lantai 16 rooftop hotel Arkan Bakah 1.

Pihak hotel Arkan Bakah 1 sendiri  menyiapkan 10 mesin cuci untuk digunakan jemaah haji Indonesia.

Para jemaah pun terlihat asik bergantian menggunakan mesin cuci.

Selanjutnya, para jemaah menjemur pakaian di rooftop hotel menggunakan tali jemuran, jepitan dan hanger yg di modifikasi sedemikian rupa agar tidak terbang terbawa angin.

"10 mesin cuci ini kelak akan digunakan oleh 5500 jamaah yang menginap di hotel Arkan Bakah, bisa dibayangkan keseruan aktifitas mencuci baju," ujar Mashuri, Kamis (23/6).

Disisi lain,  terpantau para jemaah terlibat percakapan seru menunggu antrian cucian.

Kata Mashuri, kebanyakan mereka saling bertukar cerita dan taaruf sesama jamaah.

Seperti Pak Salim Kloter 25 dari Sidoarjo yang berkenalan dengan petugas haji sekaligus kontributor Raja Media Mashuri Masyhuda.

Pak Salim menggunakan moemtun itu digunakan meminta informasi dan arahan-arahan strategis dalam menjalankan ibadah haji sampai ke proses wuquf di Arafah kelak.

Begitupun sebaliknya, petugas PPIH Mashuri mendengarkan pengalaman-pengalam cerita dari yang ringan sampai yang agak berat.

"Pokoke seru dan asik lah," ujar Mashuri.

Sebagai informasi, para jemaah haji di Sektor 1 Mahbas Jin Mekkah akan menampati 5 hotel Hotel  yaitu; Hotel (101) Zamzam, (102) Arkan Bakah 1, (103) Arkan Bakah 2, (104)  Dar Umm Alqura dan (105) Safwat Al Bait dan (106) Bab Almultazam.

Khusus jemaah haji (106) Bab Almultazam terpisah sendiri dari 4 hotel lainnya.

Posisi terminal yang menyambungkan jemaah ke Masjidil Haram sendiri berada di dekat hotel Bab Al Mutazam.  Sementara di sebrangnya 4 hotel lainnya.

Terdapat masjid yang sehari-hari ramai digunakan jamaah dan banyak toko yang menyediakan keperluan jamaah haji Indonesia.

Jamaah di empat hotel yang akan beribadah pergi ke Masjidil Haram harus melewati jalan raya san telah siap siaga menuggu petugas tranportasi 24 jam untuk membantu menyebrangkan jemaah haji.rajamedia

Komentar: