Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Target PBB 2021 Terlampaui, Bapenda Kabupaten Serang Tambah Jumlah Moling

Laporan: Hendra Hendrawan
Selasa, 07 Juni 2022 | 16:40 WIB
Mobil keliling pajak daerah Kabupaten Serang/HEN
Mobil keliling pajak daerah Kabupaten Serang/HEN

RMBanten.com. SerangRaya - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang berhasil melampui target pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada tahun 2021, lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebesar Rp88 miliar, menjadi sebesar Rp94 miliar atau 107,94 persen.

Kepala Bidang Penetapan dan Penagihan Bapenda Kabupaten Serang, Sofian Hadi mengatakan untuk tahun 2022 PBB mengalami kenaikan target menjadi Rp95 miliar.

"Salah satu strategi Bapenda yaitu kegiatan penagihan mobil keliling (Moling) PBB P2 yang dilakukan Bidang Penetapan dan Penagihan, sehingga Memudahkan masyarakat membayar pajak," katanya.

Menurutnya, mobil keliling banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat, karena pembayaran PBB menjadi lebih mudah dan dekat. Selain itu, smabungnya, masyarakat juga mengapresiasinya.

"Di tahun 2021 moling itu cuma ada satu unit, kita bisa memperoleh pajak PBB dari buku 1, 2 dan 3 itu sebanyak Rp566 juta dari 16 kecamatan. Sementar pada tahun 2022 moling bertambah menjadi 2 unit dan akan melayani pembayaran PBB secara keliling di 29 kecamatan di kabupaten serang," katanya.

Dirinya berharap di tahun 2022 ini PBB akan melampaui target kembali seperti pada tahun 2021.

"Kalau PBB meningkat otomotif pendapat daerah juga meningkatkan mempengaruhi hal lainya," ujar Sofian. [adv]rajamedia

Komentar: