Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Presiden Jokowi: Tahun 2024 Pemimpinnya Siapun Terserah, Tapi Lanjutkan Programnya!

Laporan: Rizki Ahmad Suhaedi
Sabtu, 11 Juni 2022 | 09:28 WIB
Presiden Joko Widodo saat berkemah di IKN/Net
Presiden Joko Widodo saat berkemah di IKN/Net

RMBanten.com -  Siapa pun yang terpilih sebagai Presiden pada Pilpres 2024, tidak dipersoalak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, Presiden Jokowi memberi catatan, pemimpin itu bisa melanjutkan program-program yang telah dibuat pemerintah sebelumnya.

Pernyataan itu disampaikan ketika menangkap maksud teriakan 'lanjutkan' yang menggema di acara HUT Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di JCC, Jakarta, Jumat (10/6).

"Saya nangkap yang dimaksud lanjutkan itu adalah programnya. Pemimpinnya siapa pun terserah. Tapi yang dilanjutkan adalah programnya. Supaya ada kontinuitas supaya ada keberlanjutan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak ingin pelbagai program yang dikerjakan oleh pemerintah sebelumnya justru tak dilanjutkan oleh pemimpin yang baru.

Ia juga tidak ingin program pemerintah berjalan di tempat imbas tak adanya semangat berkelanjutan.

"Jangan sampai pemimpin satu sudah mengerjakan tidak dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya. Ini yang bahaya. Dan selalu kalau seperti itu mulai terus dari TK terus. Sudah ke SMP, ke SMA, mulai lagi dari TK lagi. Kapan kita sampai ke lulus universitas," ujar Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi turut menyinggung soal tantangan besar yang dihadapi Indonesia ke depan. Ia meminta agar agenda politik di 2024 tak boleh menambah suasana ketidakpastian dalam bidang ekonomi.

"Semua negara mengalami hal yang sama ketidakpastian. Jangan sampai juga karena kita nanti ada perhelatan pemilu dan pilkada, ketidakpastian itu tambah lagi," pinta dia.

Sebagai informasi, masa pemerintahan Jokowi sebagai presiden akan berakhir pada 2024 mendatang. Sebab, Jokowi sudah menjabat selama dua periode sebagai presiden sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945.rajamedia

Komentar: