Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pj Gubernur Banten Dorong Peningkatan Produktivitas Kelapa Sawit

Laporan: Hendra Hendrawan
Jumat, 10 Juni 2022 | 10:34 WIB
Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar/Net
Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar/Net

RMBanten.com - Produktivitas dan nilai tambah kelapa sawit di Provinsi Banten didorong untuk terus meningkat.

Hal itu dsisampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di acara virtual dalam Pelantikan DPD Apkasindo secara virtual Kamis (9/6).

Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang merupakan dua wilayah penghasil kelapa sawit di Provinsi Banten. Untuk itu peningkatan produktivitas sangat diperlukan.

"Satu komoditi yang sangat memiliki nilai ekonomi adalah sawit. Indonesia penghasil sawit besar. Komoditi ini mempunyai nilai tambah ekonomi dan memiliki makna dalam mengatur dan meningkatkan devisa negara,” ungkap Al Muktabar saat memberikan sambutan secara virtual dalam Pelantikan DPD Apkasindo secara virtual Kamis (9/6/).

"Apkasindo sangat dibutuhkan peran aktifnya oleh Pemda dalam rangka meningkatkan nilai tambah komoditas sawit. Tidak banyak negara yang memiliki sawit,” tambahnya.

Dalam pengelolaan kelapa sawit semua pihak harus memperhatikan prinsip ramah lingkungan serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia. Kelapa sawit, dari hulu sampai hilir mempunya nilai tambah yang luar biasa.

"Hilirisasi salah satunya minyak goreng. Dalam bentuk curah ataupun kemasan, agar masyarakat dapat menikmati minyak goreng dengan harga yang terjangkau dan berkualitas,” ungkap Al Muktabar.

Di pundak Apkasindo, lanjutnya, terdapat satu agenda kerja untuk mengoptimalkan kinerja organisasi dalam memberikan layanan masyarakat yang memberikan nilai tambah ekonomi pada kelapa sawit.

"Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandglang memiliki perkebunan kelapa sawit yang sudah cukup lama. Sedang memerlukan peremajaan untuk meningkatkan prduktivitas. Pemda akan bahu-membahu untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi komoditi kelapa sawit,” ungkap Al Muktabar.

"Provinsi Banten sebagai kawasan industri dapat memaksimalkan, mungkin menggiatkan, hilirisasi kelapa sawit tidak hanya minyak goreng,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Al Mukatabar mengajak para pelaku industri kelapa sawit untuk menggiatkan atau mengembangkan bersama hilirisasi komoditi kelapa sawit yang berbasis industri.

"Pada prinsipnya, kita akan terus memberikan pelayanan bahwa pemerintah hadir dalam industri kelapa sawit,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: