Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tim Ibukota Persija Akan Dilatih Eks Pelatih Borusia Dortmund Thomas Doll

Laporan: Firman
Minggu, 24 April 2022 | 11:42 WIB
Pelatih baru Persija Thomas Doll/Net
Pelatih baru Persija Thomas Doll/Net

RMBanten.com - Setelah terseok-seok di kompetisi Liga Indonesia 2021/2022 lalu, tim ibukota Persija Jakarta akhirnya resmi mempunyai pelatih baru untuk kompetisi liga Indonesia.

Tim berjuluk Macan Kemayoran itu mengumumkan Thomas Doll sebagai pelatih barunya, Sabtu (23/4). Thomas Doll akan diberikan kepercayaan tidak hanya sebagai pelatih sekaligus akan berperan sebagai manajer Persija.

Kepastian Thomas Doll melatih tim Persija disampaikan melalui akun twitter Persija Jakarta.

"OFFICIALLY SIGNED. Persija Jakarta resmi menunjuk Thomas Doll sebagai nahkoda baru Macan Kemayoran," tulis @Persija_jkt. 

Eks Pelatih Borrusia Dortmund itu ditunjuk untuk menjadi arsitek tim untuk 3 tahun ke depan merupakan atas kesepakatan bersama.

"Persija Jakarta dan Thomas Doll telah sepakat bekerja sama selama tiga musim ke depan," tulisnya lagi.

"Tak hanya sebagai pelatih, juru taktik kelahiran Malchin, 9 April 1966 itu juga akan berperan sebagai manajer," sambungnya.

Thomas Doll langsung menyapa Jakarta dari Jerman melalui video yang dibagikan di akun twitter resmi klub.

"Hai, Saya Thomas Doll. Pelatih baru Persija Jakarta. Saya sudah tidak sabar untuk segera bertemu kalian. Gue Persija. Gue Champion!," sapanya.  

https://twitter.com/Persija_Jkt/status/1517721817502261251

Dalam keterangan tertulisnya, Presiden Persija, Mohamad Prapanca, mengatakan sosok Thomas Doll sudah sesuai kriteria yang diharapkan.

Thomas Doll sendiri mempunyai karier sebagai pemain dan pelatih terbilang mentereng, sehingga diharapkan mampu menjaga kejayaan Persija.

Saat masih bermain, Thomas Doll memperkuat Hansa Rostock, BFC Dynamo, Hamburger SV, Lazio, Eintracht Frankfurt, dan AS Bari.

Ketika memilih pensiun, dirinya menjadi pelatih di Hamburgers SV, Borussia Dortmund, Genclerbirligi, Al-Hilal, Ferencvaros, Hanover 96, dan APOEL Nikosia.

Saat menangani Ferencvaros, Thomas Doll mengoleksi tiga gelar Hungarian Cup Winner, dua trofi Hungarian Champion (2), dan sekali juara Hungarian League Cup.

“Kami sudah sepakat untuk bekerja sama. Thomas Doll siap mengemban tugas sebagai pelatih Persija. Tentu kami sangat berharap dia bisa mengangkat prestasi tim lebih baik lagi,” kata Prapanca di laman Persija.

Thomas Doll senang mendapatkan tantangan baru dalam kariernya.

"Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan salah satu tim besar di Indonesia. Tentu saya sangat berhasrat bisa membawa Persija ke level yang lebih tinggi. Saya sudah tak sabar untuk memimpin latihan di Jakarta,” tuturnya.

Sebelum mendatangkan Thomas Doll, Persija sudah bergerak mempersiapkan komposisi pemain yaitu Firza Andika, Hanif Sjahbandi dan Hansamu Yama Pranata.

Sedangkan pemain yang sepakat perpanjangan kontrak yaitu Maman Abdurahman, Tony Sucipto, dan Osvaldo Haay.

Persija terakhir kali meraih gelar Liga 1 pada 2018, selanjutnya berada di peringkat 10 dan 8 dalam dua musim terakhir setelahnya.

Sebelum mendapatkan Thomas Doll, Persija berpisah dengan Italia Angelo Alessio pada bulan Januari lalu.rajamedia

Komentar: